Keren, Dosen PGSD UMSU Bangun Pojok Baca

  • Whatsapp
Dosen PGSD UMSU menyerahkan bantuan untuk Pojok Baca saat PKPM di TK ABA 04 dan TK ABA 27.

analisamedan.com –  Beragam cara untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan literasi di sekolah-sekolah khususnya pada sekolah taman kanak – kanak. Seperti sudut baca, pojok baca dan wisata baca.

Dosen PGSD FKIP UMSU, Indah Pratiwi, M.Pd., Chairunnisa Amelia, M.Pd., dan Oktavia Lestari Pasaribu, M.Pd., melaksanakan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) di Taman Kanak-kanak dengan membuat wisata baca di sekolahnya sendiri, hal ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca pada sekolah masing – masing.

Baca Juga:

Dijelaskan Indah Pratiwi, Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini merupakan dana internal oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). PKPM ini dilaksanakan di 2 TK yaitu TK ABA 04 dan TK ABA 27.

“Kegiatan ini masuk program pengembangan literasi sekolah. Pengabdian dilakukan dengan memberikan Pohon Buku yang diletakkan di pojok kelas atau di tempat strategis siswa-siswi untuk mengambil buku dan membaca, sedangkan buku yang diberikan berupa buku cerita tentang keagamaan, bahasa, mengenal angka dan juga buku cerita mengenal hewan dalam beberapa bahasa. Buku – buku ini dipilih sesuai dengan tingkatan belajar siswa TK yang masih dominan ingin mengetahui suatu cerita bergambar, hal ini juga dapat meningkatkan motorik siswa,” katanya.

Tim berharap dengan adanya kerja sama dalam PKPM dapat membantu mengenalkan wisata baca di sekolahnya sendiri, serta meningkatkan motorik siswa untuk mengenal budaya baca sejak dini. (muhammad arifin)

Berikut aktivits selama PKPM

Pos terkait