BK FKIP UMSU Gelar Pelatihan Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan Konseling Bagi Guru BK

  • Whatsapp
Ketua Pelaksana Tim PKM, Muhammad Fauzi Hasibuan menyampaikan materi.

analisamedan.com – Dosen Program Studi Bimbingan Konseling (BK) Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar pelatihan Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan Koseling bagi guru Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah 04 Medan.  Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini disambut baik Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 04 Medan, Biskanto, S.Pd.

Ketua Pelaksana  PKM, Muhammad Fauzi Hasibuan didampingi moderator dan anggota tim, Ismail Shale Nasution, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Fauzi Hasibuan mengatakan materi penyusunan program kemitraan masyarakat merupakan program rutinitas yang dilakukan UMSU setiap tahunnya. Kegiatan ini bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi untuk para dosen di lingkungan UMSU.

Pengabdian dilakukan tahun ini terkait dengan pelatihan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling bagi guru BK di SMP. Dasar dilakukannya pelatihan dari hasil observasi yang dilakukan tim pelaksana kepada mitra. Terungkap mitra mengalami kesulitan dalam penyusunan program pelayanan bimbingan konseling karena mitra belum memahami secara baik dan benar terhadap penyusunan program bimbingan konseling, dari permasalahn tersebut

Prodi Bimbingan dan Konseling sebagai tim pelaksana memberikan pelatihan agar nantinya guru BK dapat menyusun program BK dengan baik dan efesien.  Hasil pelaksanaan menunjukan guru BK sudah mampu menyusun program pelayanan bimbingan konseling untuk diimplementasikan ke dalam kegiatan sekolah.

Hasil evaluasi yang dilakukan pada akhir kegiatan, menunjukan peserta sangat antusias terhadap pelatihan yang diberikan, peserta merasa senang karena bisa dipandu dan didampingi sehingga banyak mendapatkan pengetahuan serta wawasan terhadap penyusun program bimbingan konseling dengan muda.

Guru BK tersebut juga berharap agar pihak UMSU dapat melakukan pendampingan, bukan hanya dalam penyusunan program BK tetapi pendampingan pelayanan Bimbingan dan Konseling lainnya. “Prodi Bimbingan dan Konseling akan selalu siap melakukan pendampingan kegiatan-kegiatan yang lainnya untuk pelayanan Bimbingan Konseling,” kata Muhammad Fauzi Hasibuan yang menyatakan Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU siap mendampingi kegiatan-kegiatan yang lainnya untuk pelayanan Bimbingan Konseling. (muhammad arifin)