Dosen PGSD FKIP UMSU Sukseskan Gerakan Literasi Sekolah

  • Whatsapp
Dosen PGSD FKIP UMSU foto di depan pojok baca di SD Negeri di Medan Johor. Penyerahan Pojok Baca sebagai bentuk dukungan literasi.

analisamedan.com –  Dua dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berpartisipasi mensukses gerakan literasi sekolah melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di dua SD yakni SD Negeri 067775 Medan Johor dan SD Negeri 064034 Medan Johor dengan membuat pojok baca. Tujuannya meningkatkan literasi membaca dan menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik.

Kedua dosen PGSD FKIP UMSU tersebut, Chairunnisa Amelia, M.Pd., dan  Indah Pratiwi,  M.Pd. Chairunnisa Amelia mengatakan, literasi sekolah dalam konteks gerakan literasi sekolah di SD berupa kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, di antaranya membaca.

Penyerahan Pojok Baca di SD Negeri di Medan Johor

Namun berdasarkan fakta di lapangan kondisi Indonesia tentang budaya membaca cenderung rendah. Oleh karena itu gerakan literasi nasional perlu terus digalakkan, banyak cara memotivasi siswa dalam kegiatan literasi di sekolah khususnya pada sekolah dasar seperti wisata baca, pojok baca, sudut baca maupun Taman Bacaan Digital (TBD).

“Program PKM ini merupakan dana internal oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), di mana UMSU berkomitmen untuk selalu mendukung peningkatan mutu pendidikan,” katanya.

Kepala SD Negeri 067775 Medan Johor dan SD Negeri 064034 Medan Johor menyambut positif dan berterimakasih dengan adanya program ini. Keduanya berharap ke depannya dapat terus dilaksanakan. Melalui program ini diharapkan minat membaca siswa semakin tinggi. Di samping itu, siswa akan lebih maju pola pikirnya, modern dan berwawasan luas serta dapat menghargai karya orang lain. (muhammad arifin)