Literasi Media Sosial Sebagai Peluang Bisnis Online Bagi IRT

  • Whatsapp
Tim Dosen FEB UMSU foto bersama usai melaksanakan PKM di Medan Estate, Percut Sei Tuan.

analisamedan.com –  Tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara (UMSU) Rini Astuti, SE, M.Si, M.Firza Alpi, SE, M.Si dan Delyana R. Pulungan,SE, MSi melaksanakan program pengabdian masyarakat bagi ibu-ibu PKK Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan Ibu-Ibu Kelompok Pengajian Istiqomah Komplek Veteran Percut Sei Tuan.

Rini Astuti mengatakan, progam pengabdian masyarakat dilatarbelakangi dengan tingginya pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 160 juta atau 59% dari total seluruh penduduk Indonesia dan 99% menggunakan media ponsel.

Baca Juga:

Kemudian diketahui rata-rata waktu yang dihabiskan ketika mengakses media sosial mencapai 3 jam 26 menit (databoks.katadata.co.id, 2020). Kelompok Ibu rumah tangga termasuk pengguna aktif media sosial dengan mayoritas mengakses whatsapp, facebook dan Instagram. Tetapi kelompok ibu rumah tangga ini menjadi kelompok yang kurang produktif, atau kurang mampu memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menambah pendapatan keluarganya.

“Para ibu rumah tangga ini kurang mampu memanfaatkan peluang bisnis menggunakan media sosial, sehingga media sosial yang digunakan lebih banyak digunakan untuk akses dan distribusi informasi pribadi atau sekedar berselancar di dunia maya menghabiskan dana untuk kuota. Padahal media sosial menjadi akses tanpa batas dan tanpa modal untuk mempromosikan usaha atau produk sebagai alternatif tambahan penghasilan bagi keluarga,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya tim pengabdian bersama tim melakukan edukasi bagi ibu Rumah Tangga kelompok PKK Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan Kelompok Pengajian Istiqomah Komplek Veteran Percut Sei Tuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka menggunakan media sosial secara tepat dan berguna.

“Salah satunya adalah menggunakan media sosial secara sehat dan bermanfaat untuk membangun bisnis online, mengenal beberapa media sosial yang berpotensi besar untuk sarana promosi dan mendatangkan tambahan pendapatan bagi keluarga, dan strategi membaca pasar serta peluang bisnis online.  Tidak hanya itu, tim pengabdian ini juga melakukan edukasi bagi ibu rumah tangga cara mengelola keuangan bisnis/usaha yang harus terpisah dengan keuangan keluarga bersifat pribadi dan pentingnya memiliki investasi untuk keberlangsungan usaha jangka panjang,” katanya.

Hasilnya sangat menggembirakan. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dan respon positif dari ketua kelompok dan seluruh peserta pengabdian yang hadir karena aktif dalam tanya jawab dengan tim pengabdi dan narasumber. Peserta menyatakan ternyata mereka selama ini sudah melewatkan kesempatan dan peluang emas dari media sosial, sehingga mereka berharap nantinya ada program lanjutan dari tim pengabdian untuk turun kembali mendampingi mereka membangun akun bisnis menggunakan media online dan membantu mereka mengelola keuangan dasar bagi bisnis online mereka.

Oleh karena itu tim pengabdian ini sudah mempersiapkan program berikutnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan khususnya sudah siap untuk program keberlanjutan pemanfaatan media sosial untuk membangun bisnis online bagi ibu-ibu rumah tangga kelompok PKK Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan Kelompok Pengajian Istiqomah Komplek Veteran Percut Sei Tuan. (Muhammad Arifin)

 

 

Pos terkait