PKM Pertanian UMSU Terapkan Aplikasi Zero Waste Limbah Kulit Jeruk Peras

  • Whatsapp
Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UMSU bersama Kube Rezeki diabadikan bersama di sela sela kegiatan Terapkan Aplikasi Zero Waste

analisamedan.com – ┬áRendahnya pendapatan keluarga bagi keluarga pra sejahtera yang berada pada Program Keluarga Harapan (PKH) dan banyaknya limbah dari kulit jeruk peras yang tidak dimanfaatkan dan hanya menjadi sampah organik.

Berangkat dari fenomena tersebut Dosen Fakultas Pertanian UMSU tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di Kube Rezeki Jermal Unit Usaha e-warung PKH, pada Selasa, 16 Juni 2020 lalu

Program Kemitraan Masyarakat didanai APB UMSU Tahun Anggaran 2019 ini, sebagai Ketua Tim Khairunnisa Rangkuti, SP., M.Si dengan Anggota Dr. Desi Ardilla, M.Si dan Litna Nurjannah Ginting, SP., M.Si dan beberapa mahasiswa FP UMSU.

Khairunnisa kepada analisamedan.com, Kamis (25/06/2020) mengatakan banyaknya limbah kulit jeruk peras memberikan peluang bagi ibu-ibu yang tergabung dalam Kube Rezeki Jermal untuk memanfaatkan sebagai produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Aplikasi Zero Waste ini adalah mengolah limbah kulit jeruk peras menjadi minyak atsiri dengan proses destilasi ataupun teknik maserasi sehingga dari minyak atsiri yang dihasilkan dapat dibuat sebagai bahan tambahan dalam pembuatan lilin aromatherapy anti nyamuk dan body spray anti nyamuk.

Erni Juwita selaku Ketua KUBE Rezeki Jermal mengungkapkan terimakasih akan pelaksanaan kegiatan PKM dari Fakultas Pertanian UMSU, dari kegiatan ini KUBE Rezeki Jermal mengetahui bagaimana proses pengolahan limbah kulit jeruk peras menjadi minyak atsiri yang menjadi produk bernilai ekonomis sehingga dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi keluarga.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini tersbut juga dihadiri Dekan Fakultas Pertanian UMSU Ir. Asritanarni Munar, MP serta Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Dafni Mawar Tarigan dan Wakil Dekan III Kemahasiswaan Mhd Thamrin, M.Si.